cara mengatur ukuran kertas dan margin do ms word


Mengatur Margin dan Ukuran Kertas pada Ms. Word 2007

pada postingan sebelumnya telah dijelaskan mengenai langkah-langkah untuk melakukan pengaturan awal pada Ms. Office Word 2007 maka kali ini bloggger pemula blog inspirasi akan melanjutkan dan menjelaskan tentang apa itu margin, dan bagaimana menentukan / mengatur margin serta memilih, membuat / menentukan ukuran kertas sendiri pada Ms. Office Word 2007. Check This Out..!!

Apa Itu Margin dan Apa Fungsi Margin..?

Menurut saya, Margin adalah sebuah garis bantu putus-putus berbentuk persegi (mengikuti lebar halaman kerja) yang berfungsi sebagai batas pengetikan terhadap tepi atau sisi kertas.

Sebagai Catatan : Margin atau garis bantu ini tidak akan terlihat pada halaman kerja Ms. Office Word 2007 jika sahabat tidak mengaktifkannya terlebih dahulu, untuk mengaktifkannya sahabat bisa lihat pada postingan sebelumnya pada pilihan pengaturan text boundaries.

Mengubah dan Menentukan / Membuat Margin Default pada Halaman Kerja

Perlu sahabat ketahui bahwa pada saat pertama kali sahabat membuka Ms. Office Word 2007 setelah proses instalasi ukuran Margin default (bawaan) kiri, kanan, atas, dan bawah pada halaman kerja adalah 2,54 cm. Selanjutnya untuk mengubah ukuran tersebut ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Tekan (klik) pada ribbon menu Page Layout lalu pilih dan klik lagi icon Size, maka akan terbuka drop-down menu seperti gambar di bawah ini;

    ribbon menu Page Layout merubah ukuran kertas

    Perlu sahabat ketahui bahwa pada Microsoft Office Word 2007 telah disediakan juga beberapa jenis dan ukuran kertas bawaan, diantaranya adalah kertas A4 dan Letter yang biasanya digunakan untuk membuat makalah dan skripsi.

    Jika sahabat ingin menentukan dan membuat ukuran kertas sendiri (F4 / Folio), selanjutnya klik pada sub-menu More Paper Sizes yang berada paling bawah pada drop-down sub-menu gambar di atas.

  2. Setelah sahabat klik pada pilihan More Paper Sizes di atas, maka akan terbuka kotak dialog (PopUp Window) page setup seperti gambar di bawah ini:

    Kotak Dialog Merubah Ukuran Kertas

    pada pilihan nomor 1 gambar di atas pastikan pada menu Paper.
    pada pilihan nomor 2 gambar di atas klik pada tombol segitiga terbalik tersebut. Maka akan terbuka beberapa pilihan.
    pada pilihan nomor 3 gambar di atas pilih Custom Sizes.
    pada pilihan nomor 4 gambar di atas ubah nilainya menjadi 33,02 cm.
    pada pilihan nomor 5 gambar di atas klik sub-menu Default tersebut jika sahabat ingin memberlakukan pengaturan ukuran kertas ini menjadi default (bawaan). Maksudnya adalah, setiap sahabat membuka / membuat dokumen baru (bukan dokumen yang telah sahabat ketik dan simpan sebelumnya) maka pengaturan kertas inilah yang akan berlaku jadi sahabat tidak perlu mengatur ulang ukuran kertas lagi.
    pada pilihan nomor 6 gambar di atas klik menu OK maka sahabat sekarang telah selesai mengatur dan menentukan ukuran kertas F4 / Folio menjadi ukuran kertas default pada halaman kerja Ms. Office Word 2007.

Untuk sahabat pemula, saya rasa tutorial dasar Ms. Office Word 2007 kali ini sampai disini saja dulu dengan sedikit penjelasan agar lebih mudah dipahami..salam sukses selalu.

Jika sudah mengerti, selanjutnya silahkan menuju pada tahap dasar selanjutnya yaitu: …………. pada Ms. Office Word 2007.

Mohon luangkan waktu beberapa detik saja untuk memberikan Like, G+, atau Tweet jika menurut sahabat artikel ini bermanfaat, terima kasih sebelumnya.

By naufal az dzakiyy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s